5 Makanan yang Harus Kamu Bawa Saat Mudik

Mudik merupakan salah satu tradisi yang dilakukan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia menjelang hari raya Idulfitri. Perjalanan yang jauh serta kemacetan yang panjang bukanlah penghalang untuk pulang ke kampung halaman dan merayakan Lebaran bersama keluarga terkasih.

Sayangnya bagi mereka yang kerap mengalami mabuk perjalanan, aktivitas berkendara dalam jarak yang jauh ini seringkali menjadi momen yang menyiksa. Merasa pusing, mual, muntah, bahkan hingga berujung pada masuk angin menjadi hal yang biasa dirasakan ketika mudik.

Biskuit gandum gurih
Biskuit gandum gurih camilan saat mudik

Tapi jangan khawatir, pada acara mudik tahun ini kamu gak perlu lagi mengalami mabuk perjalanan. Cukup dengan membawa 5 makanan ini sebagai bekal, maka gejala mabuk perjalanan dapat diatasi dengan mudah.

1. Jahe
Selama ini jahe dikenal sebagai rempah yang memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan seperti meredakan batuk dan menghangatkan tubuh. Tapi siapa sangka ternyata jahe juga bisa mengatasi mabuk perjalanan. Jahe memiliki efek menenangkan sehingga bisa mencegah rasa tidak nyaman di perut seperti mual dan sakit.

Untuk mendapatkan manfaat jahe, rebus jahe bersama teh dan madu lalu minum satu jam sebelum kamu memulai perjalanan. Kalau mau, kamu juga bisa membawa jahe dan mengonsumsinya secara langsung atau dihisap seperti permen.

2. Lemon
Salah satu buah yang bermanfaat dalam mengurangi perut mual dan perih saat maag ini juga bisa kamu gunakan untuk mengurangi sensasi mual akibat perjalanan mudik. Caranya, siapkan 2 buah lemon segar, buang kulitnya lalu iris lemon dan tempatkan dalam wadah kedap udara. Segera isap lemon tiap kali kamu merasa tidak nyaman pada perut atau ingin muntah.

3. Biskuit gandum gurih
Biskuit gandum dengan rasa gurih juga mampu meredakan perut yang mual akibat mabuk perjalanan. Cukup sediakan beberapa bungkus biskuit gandum gurih untuk persediaan selama di perjalanan, lalu kunyahlah biskuit yang kamu bawa tiap kali kamu merasa perutmu mual. Hal ini dapat mengurangi rasa mual perlahan-lahan hingga hilang dengan sendirinya.

4. Apel
Sekresi asam lambung yang berlebihan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di perut hingga mual dan ingin muntah. Apel sendiri mengandung pektin yang dapat mengendalikan sekresi asam lambung. Jadi, untuk mencegah perut mual, sebaiknya konsumsi apel sebelum kamu memulai perjalanan. Jangan lupa juga bawa apel untuk persediaan selama di perjalanan.

Kamu juga bisa lho mengolah apel menjadi minuman seperti jus agar lebih praktis dan nikmat dikonsumsi.

5. Permen
Aktivitas mengisap dan mengunyah permen secara otomatis akan meningkatkan produksi saliva atau air liur di dalam mulut. Saliva sendiri memiliki fungsi mengurangi bakteri di mulut serta mengendalikan sekresi asam lambung yang menyebabkan perut terasa mual.

Sebaiknya kamu membawa beberapa permen dengan rasa mint, jahe, atau sitrus serta hindari permen dengan rasa manis karena kandungan akan semakin memperparah perasaan mual dan ingin muntah.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang dapat mengatasi mabuk perjalanan. Segera siapkan keenam bahan makanan di atas agar aktivitas mudik tahun ini lebih nyaman, menyenangkan, dan pastinya bebas mabuk perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *