Langkah Persiapan Medical Check Up di RS Pelabuhan Jakarta

RS Pelabuhan Jakarta

Medical checkup merupakan salah satu jasa kesehatan yang ditawarkan oleh rumah sakit. Dimana untuk dapat mengetahui kondisi kesehatan, Anda bisa untuk melakukan medical checkup. Ketika akan melakukan medical checkup sendiri bisa untuk memilih rumah sakit, tarif, layanan, dan juga dari kebutuhan pemeriksaan rumah sakit tersebut. Misalnya saja ada pemeriksaan kesehatan untuk tes karyawan, masuk kuliah, sebelum menikah, dan juga berbagai tujuan lainnya ketika melakukan pemeriksaan kesehatan. Salah satu rumah sakit yang bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan adalah di RS Pelabuhan Jakarta.

Rumah Sakit Pelabuhan Jakarta yang terletak di Jalan Kramat Jaya, Koja, Jakarta Utara mempunyai beberapa fasilitas termasuk juga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Rumah sakit ini bisa dipilih karena menawarkan biaya pemeriksaan kesehatan yang terjangkau, jenis medical checkup yang sesuai dengan kebutuhan, dan juga berbagai manfaat lainnya yang bisa didapatkan. Sehingga untuk mengetahui kondisi kesehatan dengan pasti untuk mencegah masalah kesehatan yang lebih parah, maka Anda bisa untuk menyisihkan penghasilan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Sebelum melakukan medical checkup di RS Pelabuhan Jakarta, beberapa langkah persiapan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut ini:

1. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan berpuasa terlebih dahulu sebelum akan melakukan pemeriksaan kesehatan. Anda harus berpuasa dari 10-12 jam sebelum pemeriksaan kesehatan dilakukan.
2. Pemeriksaan kesehatan tertentu juga memerlukan untuk menyediakan feses atau tinja sebesar biji kacang tanah.
3. Pemeriksaan audiometri Anda akan terpapar kebisingan selama 12 jam sehingga harus mengetahui hal ini.
4. Selain itu juga untuk pemeriksaan lainnya akan diinformasikan oleh petugas sesuai dengan pilihan medical checkup yang Anda lakukan.

Adapun untuk jenis pemeriksaan kesehatan yang ada di Rumah Sakit Pelabuhan Jakarta adalah:

1. Tipe A merupakan tipe pertama yang bisa dipilih. Tipe MCU ini mempunyai pemeriksaan fisik dan pemeriksaan virus serta buta warna.
2. Tipe B merupakan pemeriksaan selanjutnya yang bisa dipilih. Tipe ini mempunyai beberapa pemeriksaan yaitu pemeriksaan yang sama dengan tipe A dan ditambah dengan pemeriksaan darah lengkap, pemeriksaan golongan darah, pemeriksaan thorax foto, dan juga pemeriksaan urine lengkap.
3. Tipe C merupakan pemeriksaan kesehatan dengan tipe B yang ditambah dengan bilirubin, alk phospatase, SGOT, SGPT, Ureum, cratinin, uric acid, dan berbagai pemeriksaan lainnya.
4. Tipe D merupakan pemeriksaan Tipe C ditambah dengan pemeriksaan THT dan spesialis mata.
5. Tipe E merupakan pemeriksaan tipe D ditambah dengan spesialis umum dan kebidanan, anuscopy, dan papsmear.

Selain pemeriksaan dari tipe A hingga E, ada juga pemeriksaan tipe khusus yang bisa dipilih. Adapun pemeriksaan tipe khusus ini mempunyai fasilitas pemeriksaan sebagai berikut:

1. Pemeriksaan pertama adalah untuk mengetes narkoba yang meliputi opiate, cocaine, PCP, benzodiazephine, amphetamine, dan lainnya.
2. Pemeriksaan kesehatan lain-lain adalah untuk HIV dan treadmill.

Pemeriksaan terakhir yang bisa dipilih di RS Pelabuhan Jakarta adalah MCU TKI. Pemeriksaan ini bisa dilakukan untuk seseorang yang akan bekerja di luar negeri baik formal maupun informal. Pemeriksaan ini dapat untuk mengetahui kondisi kesehatan seorang calon TKI, sehingga ketika berangkat bisa mengetahui kondisi kesehatannya dengan pasti. Selain itu pemeriksaan kesehatan ini juga dilakukan karena digunakan sebagai syarat utama untuk berangkat ke luar negeri. Oleh karena itulah ketika membutuhkan pemeriksaan untuk TKI atau TKW bisa memilih medical checkup di Rumah Sakit Pelabuhan Jakarta.