6 Jenis Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

Pastinya anda pernah mendengar sebuah nama Peninggalan Kerajaan Tarumanegara. Dimana kerajaan yang satu ini memang kerajaan Hindu tertua yang menempati urutan kedua. Sebuah nama Tarumanegara ini sebetulnya berasal dari kata Tarum dan Negara. Tentunya keberadaan kerajaan tersebut terbukti dari adanya peninggalan Kerajaan Tarumanegara. Saat itu kerajaan telah didirikan oleh seorang raja bernama Jayasingawarman.

Kala itu kerajaan Tarumanegara pun telah meninggalkan beberapa benda yang bernilai sejarah. Pastinya anda pernah merasa penasaran dengan apa saja peninggalan Kerajaan Tarumanegara ini. Alangkah baiknya anda simak saja penjelasan singkat mengenai peninggalan Kerajaan Tarumanegara berikut ini:

1. Prasasti Ciarunteun

Siapa sangka ternyata peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang satu ini berhasil ditemukan pada area tepi sungai Ciarunteun. Dalam prasasti yang satu ini sudah menyebutkan adanya nama Tarumanegara. Bahkan ada pula sebuah lukisan sepasang kaki yang dinilai sebagai telapak kakinya Dewa Wisnu. Prasasti tersebut bertuliskan huruf pallawa dengan menggunakan bahasa sanskerta.

2. Prasasti Kebon Kopi

Prasasti ini memang menggambarkan adanya bekas dua tapak kaki gajah yang menjadi tunggangannya Dewa Wisnu. Menariknya prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara ini di temukan pada Kampung Muara Hilir dengan bertuliskan huruf pallawa. Bahkan bahasa yang sudah dipergunakan dalam prasasti tersebut juga bahasa sanskerta.

3. Prasasti Tugu

Hasil peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang lainnya adalah Prasasti Tugu. Dimana prasasti yang satu ini penulisannya memang menggunakan aksara Pallawa dengan bahasanya sanskerta. Penemuan prasasti memang berada di Tugu, Kec. Cilincing, Jakarta Utara. Dalam prasasti tersebut menjelaskan tentang Raja Purnawarman yang sudah memerintah untuk menggali sebuah saluran air Gomati dan juga Chandrabaga selama 21 hari.

4. Prasasti Jambu

Prasasti yang satu ini memang berhasil ditemukan di bagian bukit Koleangkak Bogor. Dimana isinya mengenai sanjungan akan kebesaran, keberanian sekaligus kegagahan dari seorang raja bernama Purnawarman ini. Tentunya dari sini anda semakin mengerti akan raja bernama Purnawarman ini.

5. Prasasti Pasir Awi

Peninggalan kerajaan Tarumanegara yang satu ini memang sudah ditemukan di daerah Leuwiliang dengan menggunakan aksara Ikal dimana masih belum bisa untuk dibaca. Dalam prasasti tersebut juga hadir pahatan gambar dahan maupun ranting dedaunan sekaligus buah-buahan.

6. Prasasti Cidanghiyang

Menariknya prasasti yang satu ini berhasil di temukan pada kampong Lebak tepatnya daerah pinggiran sungai Cidanghiang. Prasasti yang satu ini berhasil ditemukan tepatnya pada tahun 1947 yang berisikan tentang tanda keagungan, keperwiraan sekaligus keberanian dari seorang raja dunia.

Itulah tadi sedikit ulasan menarik tentang peninggalan Kerajaan Tarumanegara. Semoga saja dengan beberapa penjelasan di atas mampu menjadikan ilmu sejarah semakin bertambah. Bagaimana pun juga sejarah harus tetap kita pelajari supaya kita mampu mengenal beberapa peninggalan benda bersejarah dari kerajaan yang sudah ada di masa lalu, selengkapnya https://kalimat.id.